Pembangunan Masjid Zayyiddin An Nur Dimulai, Pembina Yatibersa Letakkan Batu Pertama

Tuah Armadi Tarigan - Selasa, 27 Februari 2024 14:46 WIB
Mamasa, MPOL -Pembina Yayasan Tiga Belas Bersaudara (Yatibersa) Haji Musa SH MH meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Zayyiddin An Nur Desa Sibanawa Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Selasa (27/2/2024) pukul 09.00 Wita

Acara itu dihadiri Kakan Kemenag Kab Mamasa Ramli, S, Ag , Ketua BAZNAS Kab Mamasa Hasan Basri, SE dan penyuluh Agama Lukman S, Ag, MA ,

Muspika Kecamatan Sumarorong yaitu Camat, Dan Ramil, Kapolsek juga hadir Kades Sibanawa jang Ka. KUA Kecamatan Sumarorong Hasanuddin, S. SHI dan masyarakat desa Sibanawa.

Dalam kesempatan itu, H. Musa, SH, MH selaku Ketua Pembina Yayasan Tiga Belas Bersaudara menjelaskan, selama bertugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Mamasa telah membangun 1 unit Mushalla Zayyidin An Nur di Desa Rantekamase di Dusun To'Barana Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa keberadaan pembangunan nya sudah mencapai 75 % diperkirakan rampung dalam waktu dekat ini

Berikut 2 unit Masjid yaitu Masjid Nurul Yakin di Desa Lambanan Dusun Mama Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa yang keberadaannya hampir rampung 100% dan 1 unit Masjid Zayyiddin An Nur Desa Sibanawa Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat yang saat ini dilakukan peletakan batu pertamanya pertanda pembangunan akan segera dimulai.

" Insya Allah pembangunan Masjid ke 4 Zayyiddin An Nur di Desa Rambusaratu Kecamatan Mamasa yang lahannya sedang dalam proses.Ini semua bisa terwujud karena Kami memiliki motto one team one spirit and one goal artinya satu team, satu semangat dan satu tujuan, karena bersama kita bisa dan bersama kita kuat dalam bahasa Mamasa nya Mesa Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate yg artinya Bersatu Kita teguh , bercerai Kita runtuh ," ujar orang pertama di Kejari Mamasa itu.

Menurut dia, membangun Masjid itu mudah tapi tidak kalah pentingnya bagaimana bisa memakmurkan Masjid itu yang bisa berfungsi sosial, sebagai wadah bagaimana meningkatkan ekonomi dan kegiatan lain. Artinya, ibadah dalam arti yang luas tidak hanya dijadikan tempat sholat saja.

Pembangunan Masjid Zayyiddin An Nur ini adalah Masjid ke-3 yang dibangun dan diprakarsai Yayasan Tiga Belas Bersaudara di Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat bekerja sama dengan Panitia Pembangunan Masjid Zayyiddin An Nur Desa Sibanawa serta elemen masyarakat di Kabupaten Mamasa.

Lahan yang digunakan untuk pembangunan Masjid tersebut merupakan wakaf dari Keluarga Ibu Ratna Dewi warga Desa Sibanawa adapun luasnya 10x10 m dan sudah dibuatkan Akte Ikrar wakaf nya oleh Ka. KUA Kecamatan Sumarorong dengan anggaran hampir Rp 1,1 Miliar dibuat 2 tingkat dengan konsultannya Haji Armin yang mengikhlaskan tenaga dan pikirannya untuk Pembangunan Masjid tersebut.

Pembangunan Masjid tersebut sangat tepat di daerah tersebut karena masyarakat selama ini melaksanakan sholat Jumat dan Tarawih di Desa Tabone yang jaraknya lebih kurang 7 km .

Menurut Musa, Yayasan Tiga Belas Bersaudara dalam mengadakan anggaran nya berasal dari Lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat yang tidak mengikat dan sukarela serta selalu mendahului dana awalnya berasal dari keluarga besar Tiga belas Bersaudara, Alhamdulillah wasyukurillah sampai dengan saat ini donasi yang sudah terkumpul lebih kurang Rp 230 juta atau sekitar 20% lebih (pung)

Editor
: Baringin MH Pulungan

Tag:

Berita Terkait