Pjs Bupati Toba dan Forkopimda Gowes Bersama

Josmarlin Tambunan - Minggu, 13 Oktober 2024 23:01 WIB
Pjs Bupati Toba Agustinus Panjaitan gowes bersama Forkopimda.(ist)
Balige, MPOL:Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Toba, Dr. Agustinus Panjaitan, bersama Sekda Augus Sitorus, Kapolres AKBP Wahyu Indra Jaya, Mewakili Dandim 0210/TU, Pabung Mayor (Arh) A.S. Butar butar, Mewakili Ketua DPRD Toba, Sekretaris Komisi A, Boy Antoni Simangunsong, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, melaksanakan kegiatan gowes sepeda santai sejauh 15 kilometer di Balige, pada Sabtu (12/10/2024).

Gowes ini bertujuan untuk melihat kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Toba menjelang Pilkada Serentak 2024, sekaligus meningkatkan kesehatan dan mempererat kebersamaan.

Kegiatan gowes dimulai dari titik kumpul di Rumah Dinas Bupati Toba. Rute yang ditempuh melewati Jalan Sutomo, Rutan Balige, kemudian menuju venue Pelabuhan Balige. Selanjutnya, rombongan menuju arah Bulbul, Sibola Hotang, hingga Simpang Sibulele. Rute dilanjutkan ke arah Hutagaol, lalu By Pass ke kanan arah Sianipar. Rombongan masuk ke Simpang Samsat dan berlanjut ke Jalan Gereja HKBP, sebelum berakhir di depan Bank Sumut Balige sebagai titik akhir.

Setelah menyelesaikan rute gowes, Pjs Bupati bersama Forkopimda sarapan bersama di warung pinggir jalan tak jauh dari Balairung Balige, sembari menikmati suasana pagi. Kegiatan ini menjadi ajang kebersamaan yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga sebagai bentuk sinergi antara pemerintah dan unsur Forkopimda dalam menjaga situasi kondusif.

Pjs Bupati Toba Agustinus Panjaitan mengatakan, gowes ini merupakan salah satu cara untuk melihat langsung situasi dan kondisi di Kabupaten Toba menjelang Pilkada. "Kami ingin memastikan, wilayah Toba benar-benar dalam keadaan aman dan kondusif menjelang Pilkada Serentak. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan dan mempererat kebersamaan," ujar Agustinus.

Pjs Bupati menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pilkada, serta mengajak semua elemen untuk ikut menyukseskan pemilihan. "Kami mendorong masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 27 November mendatang. Partisipasi aktif akan menentukan keberhasilan Pilkada," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Wahyu Indra Jaya menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan 2/3 kekuatan personel untuk pengamanan Pilkada. "Kami siap memberikan pelayanan pengamanan selama tahapan Pilkada, mulai dari kampanye hingga pemungutan suara. Kegiatan kampanye dari tiga pasangan calon di kabupaten dan dua pasangan calon di tingkat provinsi akan mendapat pengawalan penuh," ungkap Wahyu.

Kapolres memastikan, pengamanan tidak hanya fokus pada hari pemungutan suara, tetapi juga dalam pergeseran logistik hingga pasca pemungutan suara. "Kami pastikan seluruh rangkaian Pilkada berjalan aman dan lancar," tambahnya.

Sekda Kabupaten Toba Augus Sitorus turut menyampaikan, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi prioritas dalam Pilkada ini. "Kami bersama Bawaslu dan KPU terus melakukan sosialisasi agar ASN menjaga netralitas sesuai aturan. ASN tidak boleh terlibat dalam kampanye atau tindakan yang melanggar undang-undang," jelas Augus.

Augus menambahkan, netralitas ASN sangat penting dalam menjaga kualitas demokrasi di Toba. "Kami ingin memastikan bahwa semua ASN di Kabupaten Toba, yang berjumlah lebih dari 4.700 orang, menjaga netralitas agar Pilkada berjalan dengan jujur dan adil," pungkasnya.

Dengan kerja sama yang solid antara pemerintah daerah, TNI-Polri, penyelenggara pemilu, dan masyarakat, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Toba akan berjalan aman, lancar, dan sukses.*

Editor
: Josmarlin Tambunan

Tag:

Berita Terkait

Olahraga

Sukses Jadi Tuan Rumah Ski Air, Pjs Bupati Toba Terima Penghargaan Miniatur Tungku Obor dan Lentera PON XXI

Olahraga

Pjs Bupati Toba Sambut Atlet Peraih Medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

Olahraga

Pjs Bupati Toba Dorong Sinergi Instansi Tingkatkan Indeks Pembangunan Statistik

Olahraga

BNNK Siantar Lakukan Survei Indeks Kawasan Rawan Narkoba di Kab Toba, Pjs Bupati Toba: Bersama Lawan Narkoba

Olahraga

Pjs Bupati Toba Hadiri Peluncuran Huta Pengawasan Partisipatif, Ajak Masyarakat Wujudkan Pilkada Damai dan Berkualitas

Olahraga

Ibadah di HKBP Soposurung, Pjs Bupati Toba Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih pada Pilkada 27 November 2024