Hikmatul Fadhilah, Siswi MAN 2 Model Medan Raih Juara II MTQ Tingkat Nasional 2024 di Samarinda

Abdul Haris - Senin, 16 September 2024 17:47 WIB
Hikmatul Fadhilah meraih Juara II MTQ Nasional foto di depan podium arena utama MTQ Nasional di Samarinda usai pengumuman pemenang. (ist)
Medan, MPOL - Hikmatul Fadhilah Hasibuan, Siswi MAN 2 Model Medan Lokasi Helvetia Kelas XI F1 H yang mewakili provinsi Sumatera Utara untuk bertanding di event Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional 2024 di Samarinda Kalimantan Timur pada cabang tilawatil quran tingkat anak-anak putri. Alhamdulillah pada malam pengumuman pemenang, Ahad (15/9/2024), yang diumumkan oleh Ketua Dewan Hakim, Hikmah berhasil meraih Juara II.

Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, S.Pdi, M.Pd ketika mendengar keberhasilan Hikmah meraih Juara II MTQ tingkat Nasional, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah swt yang tidak terhingga dan menyampaikan ucapan selamat atas Hikmatul Fadhilah siswi MAN 2 yang berhasil meraih prestasi dari perwakilan peserta asal Sumatera Utara dalam mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional 2024 di Samarinda Kalimantan Timur. "Pihak MAN 2 telah mengetahui hikmah merupakan siswi MAN 2 yang sangat fokus dalam tilawah Alquran, banyak prestasi yang diterima oleh hikmah dalam bidang tilawah ini, saya selaku pimpinan MAN 2 sangat bangga dengan adanya siswi yang fokus di bidang Alquran, bidang tilawah ini sangat langka sekali untuk tingkat sekarang, oleh karena itu, dengan diraihnya Juara II saya berharap Hikmah dapat menjadi icon Alquran di MAN 2, Hikmah harus menjadi contoh yang baik dalam pengamalan Alquran, prestasi dalam bidang MTQ ini sangat langka sekali, maka dengan itu saya sangat menyambut baik kabar ini, dan saya akan menyambut Hikmah jika sudah tiba di MAN 2," ujar Wuri.

Wuri melanjutkan, MAN 2 merupakan madrasah yang konsisten dengan Alquran dari sisi teori pemahaman dan pengamalan, dari sisi teori pemahaman MAN 2 memiliki program-program jitu terkait Alquran, diantaranya teknik tahsin Alquran, hifzul quran, Syarhil quran dan fahmil quran, dari sisi pengamalan Alquran MAN 2 memiliki program pengamalan Alquran yaitu adanya lembaga pengembangan tilawatil quran lembaga khusus yang fokus terhadap pengamalan Alquran, hikmah merupakan salah satu icon dari LPTQ MAN 2, dan saya berharap nantinya banyak terdapat siswa-siswi MAN 2 yang menjadi ahlul quran.

Sementara itu, Menurut WKM Humas MAN 2 Model Medan Dra. Hj. Misbah Suaidah, S.Pd mengatakan Hikmah yang saat ini duduk di kelas XI F1 H MAN 2 Model Medan lokasi Helvetia lahir di medan pada tanggal 30 September 2009, saat ini hikmah berdomisili di Jl karya gg sosro no 10c. Alhamdulillah hikmah diberi kesempatan utk mengikuti MTQ nasional yg di laksanakan di Kalimantan Timur kota samarinda dan berhasil meraih Juara II tingkat Nasional, sebelum hikmah berhasil melanjut ke tingkat nasional hikmah berjuang di tingkat provinsi pada bulan Juni lalu di Sipirok, alhamdulillah hikmah mendapatkan juara 1 dan menjadi utusan provinsi Sumatera utara untuk ke tingkat nasional.

Misbah melanjutkan, pada saat tampil membaca Alquran di babak final, hikmah membacakan surah al-Maidah Ayat 27 sampai selesai, dimana surah yang akan dibaca tersebut diterima kurang lebih 20 menit sebelum peserta tampil di arena utama, saat tampil di arena utama Hikmah membawakan 3 jenis maqam lantunan Alquran yaitu Bayati, Hijaz, dan Nahwand, alhamdulillah saat membawakan 3 maqam lagu itu, hikmah membawakannya dengan baik dan sempurna, sampai pada akhirnya Hikmah meraih Juara II.


Tag:

Berita Terkait