Pj Bupati Langkat Apresiasi Bob Sitepu Anggota DPR RI Serahkan Bantuan 199 BSPS untuk Masyarakat Sei Bingai

Refwandi Sanan - Senin, 16 September 2024 22:39 WIB
Anggota DPR RI Bob Mamana Sitepu didampingi Pj Bupati Langkat menyalami warga usai menyerahkan Buku Tabungan Program Aspirasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2024.(wandi)
Langkat, MPOL - Sebanyak 199 warga Kecamatan Sei Bingai menerima Buku Tabungan Program Aspirasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2024 dalam sebuah acara yang berlangsung di Jambur Graha Purnama Desa Pasar 8 Namo Terasi, Kamis (13/9/2024) malam. Bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan warga, khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang mendapatkan bantuan perbaikan rumah melalui program BSPS.

Pj Bupati Langkat, M. H. Faisal Hasrimy, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Anggota Komisi V DPR RI, Bob Andika Mamana Sitepu, SH, yang telah berperan aktif dalam mewujudkan program ini di Kabupaten Langkat.

"Kolaborasi ini adalah langkah yang sangat baik untuk memajukan Kabupaten Langkat. Saya berharap kerjasama seperti ini terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakat Langkat," ujar Faisal Hasrimy.

Program BSPS ini memberikan bantuan senilai Rp20 juta per penerima, yang terbagi menjadi Rp17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tenaga kerja. Bantuan ini ditujukan untuk memperbaiki rumah warga yang termasuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dengan prioritas untuk masyarakat MBR.

Faisal Hasrimy juga menekankan pentingnya program ini dalam mengatasi permasalahan RTLH di Kabupaten Langkat. Saat ini, terdapat sekitar 17.000 RTLH yang masih memerlukan perhatian.

"Ini adalah tantangan bagi kita semua, dan saya mengajak seluruh pihak, mulai dari kepala desa, camat, hingga OPD terkait, untuk bersama-sama mengurangi jumlah RTLH. Kita bisa menggunakan berbagai sumber anggaran, mulai dari Dana Desa, APBD, APBN, hingga menjalin kerjasama dengan kementerian terkait," tegas Faisal.

Dalam acara tersebut, Bob Andika Mamana Sitepu, SH, mengungkapkan bahwa dalam tiga tahun terakhir, sudah ada 700 bantuan BSPS yang disalurkan ke Kecamatan Sei Bingai. Ia juga berkomitmen untuk menambah 200 bantuan BSPS lagi di tahun 2024.

"Ini adalah hasil dari kerja keras dan kegigihan Pj Bupati Langkat. Manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya, karena rumah adalah tempat yang akan kalian huni seumur hidup," kata Bob Andika Sitepu mantan anggota DPRD Kota Binjai ini.

Dengan adanya bantuan BSPS ini, pemerintah Kabupaten Langkat berharap dapat mempercepat upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan hunian yang layak, serta terus membangun sinergi antara pemerintah pusat dan daerah demi kemajuan bersama.(wandi)


Tag:

Berita Terkait