Kapolres Samosir Ajak Semua Pihak Tak Terprovokasi Oleh Informasi Yang Beredar Di Media Sosial

Herbin Sinaga - Rabu, 18 September 2024 20:01 WIB
Ist
Pelaksanaan Cooling System diakhiri dengan foto bersama dengan Forkopimda dan peserta undangan.
Samosir, MPOL -Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dimasa tahapan Pilkada Serentak 2024, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman memimpin kegiatan Cooling System di Aula AE Manihuruk Desa Lumban Suhi-suhi Kecamatan Pangururan. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana damai selama pelaksanaan pilkada di wilayah hukum Polres Samosir. Rabu (18/9/2024).

Acara dihadiri Asisten III Pemkab Samosir Arnold Sitorus, Dandim 0210/TU yang diwakili oleh Pabung Kapten G. Sebayang, Kajari Samosir Karya Graham Hutagaol, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Samosir. Selain itu, hadir pula pengurus partai politik di Kabupaten Samosir, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dari desa dan kecamatan se Kabupaten Samosir, Forkopimca se Kabupaten Samosir, pejabat utama Polres Samosir, Wakil Sekretaris FKUB Kab.Samosir Mukmin Limbong, S.Ag, Kakan kesbangpol Sumpah Pandiangan dan Personil Polres Samosir

Dalam sambutannya, Arnold Sitorus menekankan bahwa Pemkab Samosir siap memberikan dukungan penuh kepada semua stakeholder dalam rangka suksesnya pelaksanaan Pilkada. Ia menjelaskan perlunya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pemerintah desa selama tahapan pilkada. Pemkab Samosir juga sudah membentuk Tim Desk Pilkada 2024 Kabupaten Samosir.

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman menjelaskan bahwa Cooling System adalah kegiatan wajib POLRI untuk mendinginkan suasana politik dimasa tahapan pilkada serentak 2024 yang sedang berlangsung. Ia berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini, situasi Kamtibmas di Kabupaten Samosir dapat terjaga aman dan damai dengan dukungan dari Forkopimda, Forkopimca, Penyelenggara Pilkada, Elemen Masyarakat dan Pengurus Partai Politik.

Kapolres juga menggarisbawahi kesiapan Polres Samosir dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul.

Kajari Samosir Karya Graham Hutagaol, menyatakan, "Salut Buat Kapolres Samosir yang melaksanakan Kegiatan Cooling System tersebut yang telah mempertemukan seluruh unsur Penyelenggaraan Pilkada. Pentingnya keterlibatan semua unsur Forkopimda dalam menjaga Kamtibmas dan menciptakan suasana yang harmonis menjelang Pilkada. Ia juga mengingatkan adanya Sentra Gakkumdu yang bertugas menangani pelanggaran selama pemilihan.

Sedangkan Pabung Kodim 0210 TU menyampaikan, TNI Wajib Bersikap Netral dalam penyelenggaraan Pemilu/pilkada sesuai amanah reformasi internal TNI dalam UU no 34 tahun 2004 .

Ketua KPU dan Bawaslu Samosir turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan Cooling System ini, dengan harapan dapat menciptakan harmoni di antara semua elemen masyarakat. Mereka juga menekankan pentingnya pengawasan yang ketat selama tahapan kampanye. Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir menambahkan bahwa, sampai saat ini sudah ada beberapa laporan yang masuk ke bawaslu Kabupaten Samosir yang diduga terkait pelanggaran Pilkada Serentak Tahun 2024 Kabupaten Samosir.

Wakil Sekretaris FKUB Kabupaten Samosir, Mukmin Limbong yang mengapresiasi upaya Besar Kapolres Samosir yang mempertemukan seluruh elemen Penyelenggara dan pelaksanaan Pilkada Tahuan 2024 Kabupaten Samosir serta berharap Pilkada dapat berlangsung dengan sehat.

Kegiatan ditutup dengan pernyataan Kapolres Samosir, "Hingga Saat ini tidak ada ditemukan keributan atau konflik yang terjadi didunia nyata yang diakibatkan suhu politik yang berbanding terbalik di dunia media sosial oleh sebab itu Kapolres Samosir mengajak semua pihak untuk tidak terprovokasi oleh informasi yang beredar di media sosial.

"Mari kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas, demi terpilihnya pemimpin yang mencintai dan dicintai masyarakat. Seluruh Peserta yang hadir dalam pelaksanaan Cooling System ini bertanggungjawab untuk mensukseskan pilkada serentak tahun 2024 dan agar saling berbagi informasi agar kita dapat mencegah timbulnya gangguan demi kelancaran penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Samosir yang damai." kata Yogie Hardiman.**

Editor
: Maju Manalu

Tag:

Berita Terkait