Pilkada Batu Bara: Cabup Zahir Tegaskan Urus KTP Gratis

Redaksi - Senin, 07 Oktober 2024 19:07 WIB
Cabup Nomor 3 Ir. H. Zahir, M.AP dan warga Desa Laut Tador foto bersama mengacungkan jari simbol angka 3 usai acara.
Laut Tador, MPOL - Calon Bupati Nomor 3 Ir. H. Zahir, M.AP menegaskan, sejak ia menjabat Bupati Batu Bara periode 2018-2023 telah menggratiskan biaya pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) seluruh warganya. Bahkan pengurusan pembuatan KTP itu juga dipermudah dengan mendekatkan lokasi pengurusan, dari yang sebelumnya harus ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menjadi di kantor kecamatan masing-masing.

Penegasan itu disampaikan Zahir, Calon Bupati (Cabup) incumbent tersebut, pada kesempatan dialog dengan warga masyarakat dalam acara kenduri kampung di Dusun 11 Desa Laut Tador, Sabtu (5/10/2024) malam. Zahir hadir didampingi sejumlah timnya antatara Andi Lestari yang merupakan salah seorang anggota DPRD Batu Bara saat ini dengan ustadz Kasmin.

Cabup Nomor 3 Ir. H. Zahir, M.AP saat menyampaikan kata sambutan pada acara kenduri kampung di Desa Laut Tador.*

Awalnya, salah seorang warga mempertanyakan mengapa mengurus KTP terkesan sulit dan harus membayar hingga Rp. 150.000,-, itu pun tidak segera selesai melainkan harus menunggu dalam waktu cukup lama. Mendengar keluhan ini Zahir sontak terkejut dan bertanya sekali lagi apakah benar warga harus membayar saat mengurus KTP, yang dijawab juga dengan tegas benar harus membayar Rp 150.000,-.

Lalu Zahir memberi penegasan, bahwa sesungguhnya setiap warga yang mengurus KTP tidak dikenakan biaya sama sekali. Hanya saja, mengurusnya harus langsung, jangan melalui calo. Sebab calo inilah yang biasanya mengambil uang jasa, jadi urusan yang gratis menjadi harus berbayar. Kalau biaya calo tidak terlalu mahal, sebenarnya tidak jadi masalah tetapi kalau mahal kali ya pasti dikeluhkan.

Dahulu saat ia baru menjabat Bupati Batu Bara pada 2018, pengurusan KTP memang terasa menyulitkan warga karena terpusat di Kantor Dinas Dukcapil. Sehingga banyak warga yang tinggal jauh dari kantor dinas tersebut kesulitan. Untuk memudahkan warga, maka Bupati Zahir kala itu memindahkan pengurusan administrasi hingga perekaman cukup di kantor kecamatan masing-masing. Selain itu, biaya juga digratiskan, tidak boleh ada kutipan sama sekali.

Atas keluhan warga tersebut, Zahir sempat menelepon Camat Laut Tador mengkonfirmasi apakah benar pengurusan KTP sekarang harus beyar, bahkan hingga Rp 150.000,- per orang. Melaui telepon seluler yang dikuatkan suaranya, terdengar dengan jelas sanggahan Ibu Camat tersebut bahwa mengurus KTP harus bayar. "Tidak Pak, mengurus KTP tidak dipungut bayaran," begitu antara lain tegasnya.

Setelah memastikan bahwa mengurus KTP gratis, Zahir kemudian meminta bantuan kepada Bu Camat agar dapat membantu warga menurunkan mobil pengurus KTP ke Dusun 11 Desa Laut Tador untuk melayani warga-warga yang membutuhkan KTP segera. Permintaan ini langsung dijawab sang camat dengan ucapan: "Siap Pak!" dan berjanji akan melaksanakannya segera.

Dalam dialog tersebut, ratusan warga yang hadir pada kenduri kampong tersebut sepakat mendukung dan akan memenangkan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Batu Bara Nomor 3, Ir. H. Zahir, M.AP – Aslam Rayuda, SE, MM pada Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang.

Tekad ini pun disertai harapan agar setelah nanti isnya Allah kembali menjadi Bupati periode kedua, maka perbaikan jalan di desa mereka dilanjutkan. Selain itu, juga diharapkan program bedah rumah kembali dilakukan serta program bantuan social dilakukan secara lebih merata, agar benar-benar dapat membantu warga miskin atau ekonomi lemah.

Usulan-usulan warga, termasuk usulan bagi upaya peningkatan lapangan kerja untuk menampung tenaga kerja muda warga Batu Bara, tentu disetujui Zahir. Bahkan menurutnya, pada periode pertama kepemimpinannya sebagai Bupati Batu Bara misi memperluas lapangan kerja adalah programnya, namun saat itu terkendali karena terjadinya serangan wabah Covid-19 yang menghembat banyak program yang telah direncanakan. ***


Tag:

Berita Terkait

Sumatera Utara

Pilkada Batu Bara: Ratusan Tokoh Masyarakat Tanjung Tiram Deklarasi Dukung dan Menangkan Zahir-Aslam

Sumatera Utara

Pilkada Batu Bara: Komunitas Zahir-Aslam Punya Kawan Datuk Lima Puluh Siap Menangkan Paslon No 3

Sumatera Utara

Aktivis Mahasiswa dan Pemuda Batu Bara Dukung Zahir Jadi Bupati Periode Kedua

Sumatera Utara

Pilkada: F.SPTI-K.SPSI Batu Bara Deklarasi Dukung Paslon Bupati Zahir-Aslam, Iuran 2 Bulan Digratiskan

Sumatera Utara

Pilkada Batu Bara: Ustadz Ucay dan Ratusan Ibu-ibu Perwiridan Doakan Zahir Menang Lagi

Sumatera Utara

Pilkada Batu Bara: Ibu-Ibu Perwiridan Nurul Islam Siap Menangkan Zahir-Aslam Jadi Bupati-Wakil Bupati