Dongkrak ekonomi Kawasan Danau Toba, Simalungun Siap Sambut Aquabike World Jetski

Efendi Damanik - Rabu, 16 Oktober 2024 15:02 WIB
Ist
Rapat koordinasi menjelang Jesky.
Simalungun, MPOL -Danau Toba kembali menjadi sorotan dunia, dengan digelar ajang bergengsi bertaraf internasioal Aquabike World Jetski Lake Toba 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 November 2024 mendatang.

Event internasional ini akan melibatkan empat kabupaten di kawasan Danau Toba, yaitu Kabupaten Karo, Dairi, Simalungun, dan Samosir.

Persiapan menghadapi even tersebut, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi yang berlangsung di Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul, jalan Dolok Sanggul - Siborong - Borong, Pakkat, Kec. Dolok sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa, 15/10

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan dan diikuti oleh pihak Provinsi Sumatera Utara, serta empat kabupaten dikawasan Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah dan sejumlah BUMN/Swasta.

Menko Marvest, Luhut B Panjaitan menyampaikan bahwa, proses persiapan Aquabike World Jetski Lake Toba 2024 telah dimulai sejak bulan September lalu, dengan fokus pada penyiapan hibah daerah dan persiapan kebutuhan teknis.

"Tahapan selanjutnya meliputi koordinasi teknis di lapangan dan puncaknya adalah pelaksanaan event pada bulan November,"ujar Menko Marvest.

"Aquabike World Jetski telah terbukti mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. Kami berharap event tahun ini akan lebih sukses lagi dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Danau Toba,"ujarnya.Lebih lanjut Menko Marvest, sebagai salah satu event internasional yang rutin digelar di Danau Toba, Aquabike World Jetski telah terbukti mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

"Pada tahun sebelumnya, event serupa berhasil menghasilkan nilai valuasi media sebesar €18.709.656 dan memberikan perputaran ekonomi sebesar Rp 165 miliar,"

Penyelenggara even kali ini berharap dapat berjalan lancar dan sukses, serta mampu memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian di kawasan Danau Toba. Untuk itu, dukungan dari pemerintah daerah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Simalungun H Zonny Waldi menyampaikan, Kabupaten Simalungun sangat menyambut baik event bergengsi ini.

"Simalungun sebagai salah satu tuan Rumah dari 4 Kabupaten, dan kita sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan event ini, juga untuk event pendukung lain nya,"jelas H Zonny Waldi.

H Zonny Waldi berharap, even ini berdampak baik untuk pariwisata di Kabupaten Simalungun terutama di kota Wisata Parapat, dan juga dapat memberi dampak yang baik Untuk perekonomian masyarakat.

Dijawalkan pelaksanaan Karo Cup berlangsung pada 13 November 2024 di Tongging, Kabupaten Karo. Dairi Cup berlangsung pada 14 November 2024, di Silalahi, Kabupaten Dairi,Simalungun Cup berlangsung pada 15 November 2024, di Parapat, Kabupaten Simalungun dan Grand Prix of Lake Toba, Indonesia akan berlangsung pada 16-17 November 2024, di Pangururan, Kabupaten Samosir.**

Editor
: Maju Manalu

Tag:

Berita Terkait