In Memoriam T.D Pardede 108th, Raja Tekstil dari Medan dengan Filosofi Kesederhanaan

Iwan Suherman - Kamis, 17 Oktober 2024 01:07 WIB
Ist
Acara In Memoriam T.D Pardede 108th.
Medan, MPOL -

Tumpal Dorianus (T.D) Pardede yang merupakan sosok pengusaha sukses dan tokoh nasional asal Sumut, berulang tahun pada hari, Rabu 16 Oktober 2024.

Mengenang hari kelahiran T.D Pardede yang berjuluk Raja Tekstil sekaligus pendiri Hotel Danau Toba di Medan, keluarga besar T.D Pardede mempersembahkan Birthday Anniversary bertajuk "In Memoriam TD Pardede 108th".

Acara berlangsung mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.15 WIB di Hotel Danau Toba Internasional Jl. Imam Bonjol No. 17 Medan, Sumatera Utara.

Anak ke-9 T.D Pardede, dr Surya Indriani Pardede menjelaskan, event "In Memoriam T.D. Pardede 108th" ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara keluarga besar dan juga ungkapan apresiasi keluarga kepada para kolega dekat, sahabat, para karyawan dan masyarakat.

"Momen ini mengingatkan kita pada sosok ketokohan dan suri teladan T.D Pardede sebagai suami, ayah dan kakek bagi anak-anak dan cucu-cucunya, serta menjadi role model manusia tangguh dan pengusaha sukses bagi para kolega, sahabat dan masyarakat umum," ujarnya.

Indri mengatakan jika ayahnya masih hidup, usianya saat ini 108 tahun di mana lahir di Balige 16 Oktober 1916.

Banyak kenangan dan filosofi yang menginspirasi hidupnya.

Salah satunya adalah filosofi kesederhanaan, meski sudah menjadi pengusaha sukses, T.D Pardede tetap menyukai makanan khas desa.

"Ayah saya suka makanan desa, sarapan paginya itu pisang gepok dibakar, ada kue mangkok pakai kelapa, dan kacang hijau," ujarnya.

Sebagai pengusaha dan pebisnis sukses, T.D Pardede mendirikan hotel berbintang di Kota Medan 52 tahun lalu.

"Hotel Danau Toba ini adalah hotel tua, tapi kami percaya tua itu bisa cantik, tua itu bisa menarik dan tua legend. Hotel kami, hotel tua yang bisa bertahan sejak zaman Soekarno, Soeharto dan hingga kini di tengah gempuran hotel modern. Kami percaya, hotel ini masih bisa beroperasi dan berjaya," tegasnya.

Istri Almarhum Rd. Hisar Pardede, Tety Napitupulu menambahkan, menjadi bagian dari keluarga T.D Pardede adalah suatu kebanggaan.

Ia merasa bersyukur karena anak-anak dan cucu-cucunya serta kerabat masih diberikan kesehatan.

Senada dikatakan Allon Siregar, cucu T.D Pardede, meski ia tidak pernah bertemu langsung dengan kakeknya, tetapi dengan cerita yang ia dengar dari anak-anaknya, saudara serta buku berjudul "Ayahku Inspirasiku", hal itu sangat cukup menggambarkan bagaimana ketokohan T.D Pardede.

Acara Birthday Anniversary bertajuk "In Memoriam TD Pardede 108th" dikemas dengan konsep meeting-incentive-conferenceexhibition yang mengikat semuanya dalam satu "pesta dan rasa syukur bersama yang besar" dengan melibatkan kesenian tradisional Batak, pertunjukan choir.

Kemudian, talk show membedah buku "Ayahku Inspirasiku" dengan narasumber Dr. Indri Aria Pardede.

Pemutaran film pendek Biopic T.D Pardede, bazar UMKM, bakti sosial, pertandingan sepakbola antar karyawan dan pameran photo dari koleksi pribadi sang tokoh.

Khusus untuk T.D, Pardede Photo Exhibition akan menampilkan foto-foto koleksi T.D. Pardede baik itu acara keluarga, kegiatan bisnis, politik, liputan media, sejarah dan momen-momen penting semasa beliau masih hidup.(*)

Editor
: Iwan Suherman

Tag:

Berita Terkait