Plt Bupati Simalungun Pimpin Upcara Penyambutan Satgas Pamtas Yonif 122/TS Usai Bertugas di Papua

Efendi Damanik - Sabtu, 19 Oktober 2024 13:34 WIB
Ist
Plt Bupati Simalungun saat melakukan boras tenger ke prajurit.
Simalungun, MPOL-Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Statis Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG) Yonif 122/TS kembali ke-kesatuannya usai melaksankan tugas pengamanan di wilayah Papua.

Kembalinya Satgas Pamtas disambut dengan upacara dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Simalungun H Zonny Waldi, di Lapangan 1 Yonif 122/TS, Kecamatan Siantar, Simalungun, Jum'at (18/10).

Selain disambut dengan upacara, personil Satgas Pamtas Yonif 122/TS juga disambut oleh keluarga besar Tentara Negara Indonesia (TNI), pemerintah daerah, serta masyarakat dengan pengalungan bunga dan Penyematan tanda Satya Lencana Wira Dharma.

Plt Bupati Simalungun menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kedatangan para pahlawan usai melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan pengorbanan para prajurit Yonif 122/Tombak Sakti selama berada di wilayah Papua.

Disampaikan H Zonny Waldi, keberhasilan prajurit di dalam melaksanakan tugas operasi merupakan kehormatan dan kebanggaan, karena telah mengabdikan jiwa dan raganya kepada bangsa dan negara, tugas yang diemban merupakan wujud nyata dari amanah, kepercayaan yang diberikan oleh Negara.

Selanjutnya, H Zonny Waldi mengatakan, selama menjalankan tugas, Yonif 122/Tombak Sakti telah berhasil melindungi kedaulatan negara, mengawasi kegiatan lintas batas, serta menjaga stabilitas dan keamanan di daerah perbatasan.

"Keberhasilan-keberhasilan ini tidak lepas dari dedikasi tinggi dan profesionalisme seluruh prajurit-prajuritnya dalam menjalankan tugas negara,"ujar H Zonnya Waldi.

Dengan selesainya tugas di Papua, Yonif 122/Tombak Sakti siap untuk menghadapi tantangan tugas berikutnya. "Semoga keberhasilan yang telah diraih dapat menjadi motivasi bagi seluruh prajurit TNI untuk terus mengabdi kepada bangsa dan Negara,

Zony Waldy berpesan agar saudara-saudara memanfaatkan waktu untuk berkumpul kembali bersama dengan keluarga tercinta guna melepas rasa rindu dan selanjutnya tetap agar tidak berperilaku arogan ketika berhadapan dengan masyarakat

Upacara ditutup dengan Pemberian Boras Tenger dan pemberian dayok nabinatur serta pemberian ucapan selamat, foto bersama dan dirangkai dengan penampilan tarian adat Simalungun "Tortor Sombah".

Tampak hadir antara lain, Danrem 022/PT, Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, Dandim 0207/Sml, Pjs Walikota Pematangsintar Drs Matheos Tan, Forkpimpida Simalungun dan Kota Pematangsiantar, keluarga personil Satgas Pamtas Yonif 122/TS, serta undangan lainnya.**

Editor
: Maju Manalu

Tag:

Berita Terkait