Dirangkai dengan Sosialisasi, BWI Perwakilan Siantar Masa Bhakti 2024-2027 Dilantik

Neti Herawati - Sabtu, 19 Oktober 2024 15:29 WIB
Ist
BWI Perwakilan Pematangsiantar Masa Bhakti 2024-2027 foto bersama usai pelantikan.
P.Siantar, MPOL-Dirangkai dengan Sosialiasi tentang pengelolaan harta wakaf, Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Pematangsiantar masa bhakti 2024-2027 dilantik, pelantikan dilakukan oleh BWI Pusat, di aula Gedung Majelis Ulama (MUI) Pematangsiantar, Jalan Kartini, Sabtu (19/10/2024).

Erwansyah sebagai Ketua BWI Perwakilan Pematangsiantar dalam sambutannya menyatakan, siap mengelola tanah wakaf untuk kemasyalatan umat, dan akan mengembangkan potensi lain untuk pemanfaatan ekonomi yang dapat dikelola secara efesien dan ada bagi hasil.

"Pengelolaan wakaf yang terus berkembang, ini untuk ibadah dan pahala bagi nazir. Bahkan, Ini juga masalah akhirat. Mari ikuti rambu-rambu agar tidak tindak pidana. Misalnya, mengalihkan wakaf tanpa izin," ujar Erwansyah.

Kedepannnya, BWI Perwakilan Pematangsiantar siap melakukan sosialisasi demi kemaslahatan umat. Apalagi sumber daya manusia BWI Perwakilan Pematangsiantar sudah mumpuni karena ada dua pengurus bersertifikat.

Sementara, H Rafii Nasyir BA mewakuli MUI Pematangsiantar mengapresiasi atas dilantiknya BWI Perwakilan Pematangsiantar, dan berharap agar mendapat kemudahan dari Alllah SWT karena apa yang dilakukan BWI merupakan tugas mulia.

"Harta kekayaan yang dikelola BWI sebagai suatu kekuatan dan BWI belum banyak dikenal masyarakat untuk itu lakukan sosialisasi. Sehingga, potensi umat Islam maju," kata H Rafii.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama DR H Al AHyu MA menegaskan, BWI Perwakilan Pematangsiantar diharap dapat mengelola harta zakat dengan baik, dan pihaknya siap mendukung untuk melakukan terobosan dan kegiatan demi kemaslahatan umat.

"BWI sebaiknya melakukan penguatan tata kelola untuk membangun kepercayaan masyarakat, membangun kegiatan yang dibutuhkan, melakukan evaluasi dan transparansi. Untuk itu, saya optimis BWI Perwakilan Pematangsiantar dapat melakukannya dengan baik," ujarnya.

Pjs Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM mengapresiasi kegiatan dimaksud, dan mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik untuk dapat menjalankan amanah dan tugas serta tanggungjawab untuk saling bersinergi, komitmen serta bertanggung jawab.

"Konsolidasi lebih cepat lebih baik, dan sesuai perkembangan zaman, penggunan IT sangat dibutuhkan untuk pengelolaan harta wakaf dan lainnya. Wakaf bukan lagi sebagai kegiatan usia lanjut untuk investasi akhirat tetapi terus berkembang," ujarnya.

Pelantikan BWI Perwakilan Pematangsiantar & Sosialisasi Harta Benda Wakaf itu juga dihadiri Sekretaris Carateker BWI Sumatera Utara Sholeh , Perwakilan Kapolres Pematangsiantar, pimpinan Perbankan dari Bank Indonesia Perwakilan Pematangsiantar, Bank Sumut, Bank Amanah Bangsa, Dewan Masjid Indonesia Pematangsiantar, serta para pengurus masjid se Kota Pematangsiantar.

Usai acara pelantikan, dilanjutkan dengan sosialiasi pengelolaan harta Wakaf dengan nara sumber, Dr. H. Ahmad Zubaidi, MA dengan materi "Fiqih Wakaf dan Pengelolaannnya. Kemudian, H Aripuddin SH MH sebagai Komisioner BWI dengan materi "Isbat Wakaf" Mekanisme dalam Permohonan di Peradilan Agama.

Berikut Kepengurusan BWI Perwakilan Pematangsiantar masa bakti 2024-2027 yang dilantik Wakil Ketua BWI Pusat, DR Ahmad Jubaidi SH, Erwansyah (Ketua), Syarifuddin SHI (Wakil Ketua), TM Mulyadi Sabil (Sekretaris) dan Wira Hadi Kesuma ST MSi (Bendahara).

Divisi Pengawasan dan Tata Kelola Rahmad SH, Devisi Humasy, Sosialisasi dan Literasi Muhammad Adlin SH dan Nashiruddin Shirot, Devisi Pendataan Sertifikasi dan Ruslagh Abdul Rasyid SPd MSi, Devisi Pembinaan Nazir dan Pengelolaan Wakaf Suhartono Sag, Devisi Kerjasama Kelembagaan dan Advokasi Raden M Ardhi A SH dan Gunawan SSos I.**

Editor
: Maju Manalu

Tag:

Berita Terkait