Kabag SDM Kompol MS Ritonga Pimpin Tes Kesamaptaan Personil Polres Samosir

Herbin Sinaga - Jumat, 25 Oktober 2024 19:53 WIB
Ist
Kompol MS Ritonga pimpin personil Polres Samosir lakukan peningkatan kemampuan fisik.
Samosir, MPOL -Polres Samosir menggelar Tes Kesamaptaan untuk Tahun Anggaran 2024 dengan tujuan mengevaluasi ketahanan fisik personil. Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag SDM Polres Samosir, Kompol M.S. Ritonga di Lapangan Mako Polres Samosir, Jumat (25/10/2024).

Sebanyak 240 orang personil dari Polres Samosir dan jajaran Polsek mengikuti tes ini. Untuk mempermudah penilaian, peserta dibagi menjadi empat kelompok sesuai warna : Rompi Merah, Rompi Kuning, Rompi Biru, dan Rompi Oranye.

Kegiatan dimulai dengan pengarahan oleh Kompol M.S. Ritonga yang menegaskan pentingnya tes ini untuk mengevaluasi kemampuan fisik personil. Ia juga menekankan bahwa personil yang tidak memenuhi target waktu akan dilatih kembali, terutama bagi para bintara yang berencana mengikuti Tes Secapa.

Sebelum pelaksanaan tes utama, seluruh personil menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dokkes Polres Samosir. Pemeriksaan ini mencakup cek tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan. Setelahnya, sesi pemanasan dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Samosir AKP Nandi Butarbutar, S.H., yang diikuti seluruh peserta dengan gerakan pemanasan kepala, lengan, bahu, pinggang, serta latihan lompat.

Tes dimulai dengan lari selama 12 menit, dilanjutkan dengan pull up, push up, sit up, dan shuttle run. Setiap tahapan ini memiliki durasi tertentu yang harus dipenuhi oleh masing-masing peserta sebagai standar ketahanan fisik.

Kasi Humas Polres Samosir, BrigPol Vandu P. Marpaung, menyatakan bahwa tes ini berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh personil dalam keadaan sehat. "Tes Kesamaptaan Polres Samosir berlangsung aman, lancar, dan setiap personel dinilai berdasarkan hasil tes untuk mengetahui kondisi fisik masing-masing. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai bentuk evaluasi dan peningkatan kemampuan fisik personil," pungkasnya.**

Editor
: Maju Manalu

Tag:

Berita Terkait